Cara mengolah dan membuat susu kambing etawa bubuk

Hal yang sangat mendasar dan prinsipil dalam proses pembuatan susu kambing etawa bubuk organik adalah menghilangkan kandungan air sebanyak-banyaknya dengan cara pemanasan atau pengeringan. Tahap-tahapnya adalah Pendahuluan, Pemanasan Awal, pengeringan, penghalusan, dan pengepakan.



  • PENDAHULUAN
Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah penyaringan. Susu kambing cair dipisahkan dari benda-benda asing seperti pasir, debu, bulu agar susu benar-benar berih dan higienis. 
  • PEMANASAN AWAL
Yaitu dengan cara menguapkan sebagian air yang terkandung dalam susu kambing tersebut sampai mencapai kadar kurang lebih 45-50% saja. Susu kambing ini dimasukkan ke dalam suatu alat yang bernama evaporator dengan suhu 65-177oC
Langkah selanjutnya adalah standarisasi. Yaitu dengan menuangkan susu kambing tersebut ke dalam wajan besar dan mengaduknya sampai dengan kering menggumpal.
  • PENGERIGAN 
Pengeringan dilakuakn dengan oven besar bertujuan untuk menghilangkan kadar air sekering-keringnya.

  • PENGHALUSAN
Langkah selanjutnya adalah penghalusan. Setelah dikeluarkan dari oven, susu kambing dihaluskan terlebih dahulu. Karena dalam proses-proses diatas susu kambing akan menggumpal. Penghausan menggunakan alat penghalus biji seperti biasa untuk menghaluskan kedelai atau yang lain
  • PENGEPAKAN
Setelah susu kambing berbentuk bubuk, barulah susu di kemas ke dalam aluminium foil kedap udara. agar senantiasa steril.


Demikianlah proses pembuatan susu kambing etawa bubuk organik. Semoga bermanfaat.